,

 Kepopuleran ponsel pintar atau smartphone memang tengah mendunia saat ini. Kemampuan multi-tasking dan dapat digunakan dalam kondisi apapun serta mendukung segala kebutuhan penggunanya menjadi nilai lebih perangkat ini.
Namun, keberadaan smartphone yang semakin canggih ternyata telah menyingkirkan beberapagadget yang sekarang ini semakin jarang digunakan. Kalkulator, jam alarm weker, stopwatch hingga alat perekam suara adalah perangkat ‘sederhana’ yang mulai ditinggalkan oleh para penggunanya. Fitur yang lengkap dengan pembaharuan terkini juga membuat ponsel pintar menjadi pengganti yang tepat untuk perangkat-perangkat tersebut dan juga peranti canggih lainnya.
Setidaknya, ada lima gadget canggih yang harus ‘terjegal’ karena kepopuleran smartphone. Apa saja gadget yang dulu sempat populer dan kini siap masuk dalam buku catatan sejarah industri teknologi? Berikut daftarnya.

1. MP3 Player

MP3 Player
Dahulu MP3 Player merupakan perangkat yang sering dibawa-bawa oleh anak muda. Namun, keberadaan pemutar musik digital yang sempat booming di akhir tahun 90-an dan 2000-an awal iniharus tergerus oleh keberadaan ponsel pintar. Selain fitur pemutar musik yang lengkap, biasanya smartphone juga dilengkapi fitur radio FM seperti MP3 Player pada umumnya.
Tanda-tanda kejatuhan MP3 Player sebenarnya sudah mulai dirasakan sejak kemunculan handphone yang mengandalkan fitur pemutar musik seperti Sony Ericsson Walkman Phone. Semenjak era smartphone, gadget berbentuk kecil itu kini mulai ditinggalkan.

2. Kamera poket

Kamera saku / Ist.
Beberapa tahun lalu, keberadaan kamera poket atau kamera digital dalam ukuran kecil masih sering digunakan untuk mengabadikan gambar atau momen spesial. Hal itu dikarenakan kekuatan kamera ponsel umumnya belum secanggih sekarang.
Dengan berkembangnya teknologi, smartphone kini dibekali kamera canggih berdaya bidik hingga puluhan mega piksel. Video dengan kualitas tinggi pun kini juga dapat direkam lewat kamera smartphone. Tentu saja fitur yang tak kalah mumpuni dibandingkan kamera saku membuat pengguna lebih suka menggunakan kamera ponsel sebagai pengabadi gambar karena lebih mudah dan praktis. Ditenggarai, penjualan kamera poket pun kini mulai anjlok.

3. Game portable

Sony Play Station 1 / Ist.
Konsol game portable memang menjadi penerus kesuksesan game console yang hanya bisa dimainkan lewat perangkat televisi atau komputer. Sifatnya yang mobile membuat game portable menjadi primadona. Akan tetapi, kepopuleran gadget ini mulai terkikis oleh keberadaan smartphone.
Sebelumnya beberapa vendor juga sempat memproduksi handphone berbasis game seperti Nokia NGage meski belum dapat menjatuhkan posisi game portable saat itu. Kini, dengan semakin canggihnya spesifikasi smartphone, tentu membuat game yang berbasis HD (High Definiton) sekalipun bisa dimainkan lewat smartphone.
Kini, banyak vendor game mulai memproduksi aplikasi permainannya yang bisa diunduh oleh ponsel pintar yang berbasis Android, iOS maupun Windows Phone. Selain itu, perangkat gamepad yang mendukung fitur gaming pada smartphone juga mulai bermunculan. Eksistensi game portable pun diprediksi hanya tinggal menunggu waktu.

4. GPS

GPS / Ist.
Alat bernama GPS (Global Positioning System) memang kerap digunakan sebagai penunjuk arah jalan. Namun kini, sudah ada banyak smartphone yang dibekali oleh fitur GPS. Tak hanya itu, masih ada aplikasi peta digital seperti Google Maps atau Here Maps sehingga pengguna tidak perlu membaca peta kertas jika tidak mengenal lokasi. Perangkat GPS pun kini mulai tergantikan oleh smartphone.

5. PDA

PDA / Ist.
Sebelum era smartphone dimulai, perangkat ponsel paling canggih dan populer saat itu adalah PDA (Personal Digital Assistant). Tetapi, kehadiran gadget ini hampir tidak terdengar lagi gaungnya. Hal ini dikarenakan smartphone sudah bisa menggantikan fungsi PDA. Ciri khas layar touchscreendengan pen stylush dalam PDA kini juga sudah banyak ditemukan pada berbagai jenis ponsel pintar.

Post a Comment

selamat berkomentar!!,no spam,no sara.