Teknologi dan internet miliki banyak manfaat. Memudahkan pekerjaan manusia serta meningkatkan produktivitas mereka. Namuan, keduanya juga miliki mudarat. Seperti contoh 10 profesi berikut yang bakal musnah gara-gara internet dan teknologi.
1. Teller Bank
Posisi ini sejatinya sudah mulai tergerus sejak hadirnya mesin ATM. Bahkan, menurut riset terkini, 85 persen pekerjaan teller sejatinya bisa di-handle oleh mesin ATM.
2. Kasir
Digantikan oleh mesin mandiri yang memapu melayani pembeli. Mereka hanya tunjukkan produk yang akan dibeli, mesin memindai harga, dan pembeli membayar. Simple minus senyum tentunya.
3. Resepsionis
Tugasnya yang menerima telepon masuk atau tamu yang kemudian dilanjutkan ke sosok yang ingin dijumpai. Di Jepang, resepsionis sudah digantikan dengan robot. Mereka gunakan teknologi asisten virtual.
4. Operator Telepon
Hampir serupa dengan poin sebelumnya, tugasnya menjawab telepon masuk. Di negara-negara maju telah digantikan dengan mesin penjawab otomatis.
5. Tukang Pos
Booming-nya internet membuat layanan pos ketar-ketir. Kini surat tak sepopuler dulu dan pengguna lebih memilih bertegur sapa melalui email.
6. Travel Agent
Tak perlu ke agensi perjalanan wisata jika ingin planing liburan. Cukup buka situs terkait dan rancang holiday bersama keluarga, teman, rekan, atau orang terdekat. Sangat praktis. Tinggalklak klik saja.
7. Juru Ketik
Diramalkan profesi ini akan dikantikan dengan piranti lunak yang mampu mengubah konversi suara ke teks. Sejenis mesin speech to text.
8. Reporter
Dengan makin derasnya layanan media online maka peran reporter kian dipermudah. MediaThe New York Times gunakan teknologi simantik untuk memudahkan peran reporternya.
9. Penginput Data
Seperti halnya juru ketik, peran profesi ini bisa digantikan dengan mesin pengubah voice jaditext. Semua bakal serba praktis dengan speech to text.
10. Telemarketer
Perannya juga serupa dengan rsepsionis yang bisa dipermudah dengan mesin penjawab otomatis. Apakah Anda saat ini miliki profesi salah satu dari 10 pekerjaan di atas? Mungkin kini saatnya untuk mendalami skill lain
.

Post a Comment

selamat berkomentar!!,no spam,no sara.